Pages

Ahad, 20 April 2014

Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Fath Ar-Rabbani


SAPAAN MALAM DARI SYEKH ABDUL QADIR AL-JAILANI


“Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa merendahkan dirinya terhadap orang kaya karena menginginkan apa yang ada padanya, maka hilanglah dua pertiga agamanya,” (HR Ahmad)

Dengarlah wahai orang-orang munafik! 
Ini adalah peringatan bagi orang yang merendahkan diri terhadap orang kaya. Bagaimana mungkin seseorang yang telah mengerjakan shalat, puasa dan haji akan mendapatkan bagiannya sedangkan ia belum bisa melepaskan dari wataknya yang seperti itu? 

Wahai orang-orang musyrik!
Dengarkan! Tidakkah engkau menerima berita dari Allah dan dari rasul-Nya? Menyerahlah engkau, dan bersikap ikhlaslah dalam bertobat agar imanmu pulih, keyakinanmu tumbuh, dan tauhidmu berkembang, sehingga cabang-cabangnya dapat menjulang tinggi mencapai Arasy.

Wahai anak muda!
Apabila imanmu tumbuh dan pohonnya telah tinggi, maka Allah Azza wa Jalla akan membuatmu berkecukupan dari makhluk, melalui usaha dan penghasilanmu. Allah Azza wa Jalla akan mengenyangkan nafsumu, hati dan batinmu. Dia akan menghentikanmu di pintu-Nya dan menjadikanmu kaya dengan mengingat-Nya, dan engkau tidak peduli dengan orang yang makan dari dunia dan menyibukkan diri dengannya. Engkau tidak peduli dengan orang yang meraih kesuksesan duniawi, bahkan engkau melihat mereka dengan iba dan belas kasihan.

Wahai orang yang mengaku berilmu namun mencari dunia dan merendahkan diri kepada penghuninya! Engkau telah sesat karena ilmumu. Berkah ilmu telah hilang. Isinya telah hilang, hingga yang tersisa hanya kulitnya saja.

Wahai engkau yang mengaku menjalankan ibadah, sementara hatinya menyembah makhluk, takut kepada mereka dan menaruh harapaan terhadap mereka! Pada lahirnya ibadahmu untuk Allah, namun batinnya untuk makhluk.

--Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Fath Ar-Rabbani

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.