Pages

Jumaat, 24 Januari 2014

SAATNYA BERMUNAJAT DIKEHENINGAN MALAM.


SAATNYA BERMUNAJAT DIKEHENINGAN MALAM.

Renungan ini membahas masalah Shalat Malam untuk dapat diteruskan kepada para kerabat kita yang mungkin membutuhkannya.

Dalam perkara Shalat Malam ini, Rasulullah pernah ber-sabda bahwa sebaik-baik Shalat setelah Shalat Fardhu adalah Shalat Malam, dan sebaik-baik Manusia adalah yang melaksanakan Shalat Tahajud.

Allah ber-Firman:

"Sesungguhnya bangun diwaktu malam adalah lebih tepat untuk Khusyuk, dan bacaan diwaktu itu lebih berkesan". [Al-Muzzammil 6].

Shalat Tahajud termasuk Shalat Sunah yang utama setelah Shalat Fardhu karena merupakan Perintah-Nya yang termaktub dalam Al-Quran.

Allah ber-Firman:

“Dan dari sebagian Malam hendaklah engkau Bangun [Tahajud] sebagai Ibadah tambahan untukmu. Semoga Tuhanmu mengangkat derajatmu ketempat terpuji”. 
[Al-Israa 79].

Rasulullah ber-sabda:
”Tuhan kita turun setiap malam kelangit Dunia pada sepertiga malam terakhir dan ber-Firman: “Siapa yang ber-Doa kepada-Ku pasti Aku kabulkan, siapa yang Memohon kepada-Ku pasti Aku beri dan siapa yang memohon Ampun kepada-Ku, pasti Aku ampuni”.

Allah ber-Firman:

“Sesungguhnya mereka sebelum itu di-Dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon Ampun kepada Allah”. [Adz-Dzaariyaat 16-18].

Andai saja para kerabat kita tahu Keutamaan & Keindahan Shalat Tahajud ini, maka pastilah mereka semua akan berlomba-lomba untuk mengerjakannya.

"Hai orang yang berselimut, bangunlah untuk sembahyang dimalam hari". [Al-Muzzammil 1-2].

Rasulullah ber-sabda:
"Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat [waktu], seandainya seseorang meminta suatu kebaikan di-Dunia maupun di-Akhirat, niscaya Allah akan memberinya. Dan itu berlaku Setiap Malam".

Semoga renungan ini dapat bermanfaat bagi para kerabat kita semua, sehingga merekapun dapat merasakan nikmatnya ber-Munajat kepada-Nya ditengah keheningan malam, selagi masih ada waktu & kesempatan. Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin. [BRH].

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.