Pages

Khamis, 14 Februari 2013

Hadis Nabi SAW buat renungan dan pengertian


Abu Hurairah ra. Berkata : Ketika kami dimajelis Rasulullah saw, tiba-tiba Rasulullah saw berkata : Besok pagi akan ada seorang ahli surga yang shalat bersama kamu. Abu Hurairah berkata : Aku berharap semoga akulah orang yang ditunjuk oleh Rasulullah itu. Maka pagi-pagi aku shalat dibelakang Rasulullah saw dan tetap di majelis setelah orang-orang pulang. 

Tiba-tiba ada seorang hamba hitam berkain compang-camping datang berjabat tangan dengan Rasulullah sambil berkata : Ya Nabiyullah doakan semoga aku mati syahid. Maka Rasulullah saw berdoa, sedang kami mencium bau kasturi dibadannya. Kemudian aku bertanya : Apakah orang itu ya Rasulullah? Jawab Nabi : Ya benar. Ia hamba sahaya dari bani fulan. Abu Hurairah berkata : Mengapa tidak kau beli dan kau merdekakan ya Nabiyullah? 

Jawab Nabi : Bagaimana aku akan dapat berbuat demikian, bila Allah akan menjadikannya seorang raja di surga. Hai Abu Hurairah, sesungguhnya disurga itu ada raja dan orang-orang terkemuka. Dan ini salah seorang raja dan terkemuka. Hai Abu Hurairah, sesungguhnya Allah kasih pada makhluknya yang suci hati, yang samar, yang bersih, yang terurai rambut, yang kempis perut kecuali dari hasil yang halal, yang bila akan masuk kepada raja tidak diizinkan, bila meminang wanita bangsawan tidak diterima, bila tidak ada tidak dicari, bila hadir tidak dihirau, bila sakit tidak dijenguk, bahkan bila mati tidak dihadiri jenazahnya. 

Ketika sahabat bertanya : Tunjukkanlah kepada kami salah seorang dari mereka. Jawab Nabi : Yaitu Uwais Alqarany, seorang berkulit coklat, lebar kedua bahunya, sedang tingginya, selalu menundukkan kepalanya sambil membaca Qur`an, tidak terkenal dibumi tetapi terkenal dilangit, andaikan ia sungguh-sungguh minta sesuatu pada Allah pasti dikabulkan. Dibawah bahu kirinya ada belang sedikit. Hai Umar dan Ali jika kamu bertemu dengannya, maka mintalah kepadanya supaya membacakan istighfar untukmu. 

Wassalam.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.