Pages

Jumaat, 24 Januari 2014

BELAJARLAH DARI POHON


Suatu ketika seorang guru bertanya pada sang maha guru,"Wahai Maha Guru,aku ingin menjadi guru yg sejati bagi anakku,juga bagi murid-muridku.Apakah maha guru memiliki pesan utkku.agar setiap kali mengajar aku akan selalu teringat pesan bijaksanamu?

Sang maha guru berdiam sejenak.lalu sambil tersenyum arif ia bertanya,"Apakah kamu melihat pepohon di sekitarmu?"

"Ya tentu saja,"kata si guru.

Sang Maha Guru bertanya kembali,"Apakah kamu benar-benar melihat dan memperhatikan apa yang mereka lakukan?

Si guru menggaruk-garuk kepalanya."Setahuku mereka diam saja dan tidak melakukan apa-apa."

Sang Maha Guru tersenyaum lagi,mulalah ia berpesan:
"Jadilah seperti pohon.Perhatikanlah,ia diam tak banyak berbicara hingga kamu tidak menyedari apa yg dilakukanya.Padahal ia selalu memberi udara pada semua orang tanpa memandang apakah kamu miskin atau kaya.Atau apakah kamu lahir dari kelompok eknik tertentu.Ia memberi udara bagi semua orang tanpa memandang agama,ras dan suku bangsa.Apakah kamu bersedia memberi ilmumu utk semua org tanpa pilih kasih?

"Jadilah seperti pohon.ia tidak banyak berbicara tapi terus bertumbuh setiap hari.Jika sudah tidak bertumbuh maka ia akan mati.Apakah dirimu merasa terus bertumbuh?

"Jadilah seperti pohon.Apalah sudah besar.ia akan menaungi siapa saja yg berada dibawahnya.Tak peduli itu manusia tau haiwan.Apakah kamu merasa dirimu sudah semakin besar dan menaungi apa saja yg berada di bawahmu?

"Jadilah seperti pohon.Satu-satu kehidupanyg tumbuh ke atas dan berhasil melawan kuatnya gravitasi bumi.Apakah kamu merasa dirimu telah berhasil melawan kuatnya godaan dan tentangan akan terus bertumbuh menjadi manusia dan guru yg lebih baik dari hari ke hari?

"Jadilah seperti pohon.yg menyuburkan tanah di sekitarnya dan menyimpan air di bawahnya utk kehidupan semua makhluk hidup lainnya.Adakah kamu sudah menyuburkan lingkungan sekitarmu?

"Jadilah seperti pohon.Seandainya sudah mati pun tubuhnya masih berguna bagi kesuburan tanah atau menjadi bahan baku tempat tinggal yg bermafaat bagi kehidupan manusia."

MENURUT ANDA,APAKAH KITA SUDAH LEBIH BAIK DARI POHON??

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.