Pages

Jumaat, 24 Januari 2014

JAUHKAN DIRI DARI SIFAT KIKIR [2].


JAUHKAN DIRI DARI SIFAT KIKIR [2].

Kikir ialah penyakit Hati yang paling buruk dan merupakan terputusnya karakter asli Manusia sebagai mahluk sosial.

Allah ber-Firman :

“Sekali-kali janganlah orang-orang Bakhil dengan Harta yang Allah berikan kepada mereka dari Karunia-Nya menyangka bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka.” 
[Ali ‘Imran 180].

Rasulullah ber-sabda:
“Orang-orang yang Kikir itu jauh dari Allah, jauh dari Manusia dan jauh dari Surga”.

Sifat & Karakteristik Kikir ibarat orang yang hanya menerima namun tidak menyalurkannya, bagaikan saluran air yang tersumbat berakibat tidak ada air yang mengalir dan lama kelamaan kadarnya berkurang.

"Maka ber-Taqwalah kamu kepada Allah dan dengarlah serta Taatlah, dan Nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu. Barang siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya maka mereka itulah orang-orang yang beruntung”. 
[At-Taghaabun 16].

“Siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung”. [Al-Hasyr 9].

Bagaimana mungkin seseorang bisa menjadi kikir serta enggan berderma, padahal Allah telah berjanji akan membalasnya.

"Apa saja yang kamu infakkan maka Allah akan menggantinya dan Dialah sebaik-baik pemberi Rezeki". [Saba' 39].

Ada pula yang telah beritikad untuk tidak kikir dan mau menderma, namun semua itu justru diingkarinya ketika Karunia-Nya telah datang.

"Maka setelah Allah memberikan kepada mereka sebahagian dari Karunia-Nya, mereka Kikir dengan Karunia itu". [At-Taubah 77].

“Sesungguhnya Manusia itu sangat ingkar, tidak berterima kasih kepada Tuhannya”. [Al ‘Aadiyaat 6].

Sebenarnya Harta adalah Karunia-Nya, namun ada yang menganggap Harta itu sebagai miliknya karena merasa telah bekerja keras untuk memperolehnya, sebahagian lagi malah mendewakannya, bahkan ada yang kuatir akan berkurangnya Harta serta takut miskin, padahal itulah godaan Setan.

"Setan menakut-nakuti kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat Kikir, sedang Allah menjanjikan untukmu Ampunan daripada-Nya dan Karunia. Dan Allah Maha Luas Karunia-Nya lagi Maha Mengetahui". [Al-Baqarah 268].

Semoga kita semua dapat dijauhkan dari sifat kikir, serta kuat dalam menghadapi segala bentuk godaan Setan. Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin. [BRH].

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.