Pages

Jumaat, 31 Januari 2014

TINGGALKAN KHAMAR.


TINGGALKAN KHAMAR.

Al-Quran menegaskan bahwa minuman Khamar adalah perkara yang terlarang karena hal itu termasuk perbuatan setan, yang merupakan sumber dari segala perbuatan keji serta kunci dari segala kemaksiatan.

Banyak sekali terjadi berbagai jenis kejahatan yang diawali dengan minuman khamar itu, namun kehidupan yang gemerlap ini telah membuat Manusia terlupa akan larangan-Nya.

Allah ber-Firman:

"Hai orang-orang yang ber-Iman, sesungguhnya meminum Khamar, berjudi, berkorban untuk berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan". [Al-Maaidah 90].

Khamar juga berarti sesuatu yang menutup akal pikiran, sebab itu Rasulullah ber-sabda bahwa pada setiap makanan dan minuman yang bisa menutupi atau menghilangkan akal pikiran adalah disebut Khamar.

Rasulullah-pun ber-sabda bahwa setiap sesuatu yang memabukkan adalah Khamar dan setiap Khamar hukumnya adalah haram.

Allah ber-Firman :

"Mereka bertanya kepadamu tentang Khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya itu terdapat Dosa besar".[Al-Baqarah 219].

Khamar dapat menjadikan Manusia lupa dari Mengingat Allah serta lalai dalam ber-Ibadah, padahal tanpa meminum Khamar-pun Manusia kadang lupa Mengingat Allah dan tanpa meminum Khamar-pun Manusia kerap lupa diri dalam menjaga segala Nafsu & Emosinya.

"Sesungguhnya Setan itu bermaksud hendak menimbulkan Permusuhan dan Kebencian diantara kamu lantaran Meminum Khamar dan Berjudi itu, dan menghalangi kamu dari Mengingat Allah dan Shalat, maka berhentilah kamu dari mengerjakan pekerjaan itu". [Al-Maaidah 91].

Al-Quran juga menegaskan adalah kewajiban Manusia untuk selalu Mengingat-Nya disetiap kegiatan keseharian.

"Ingatlah Allah diwaktu Berdiri, diwaktu Duduk dan diwaktu Berbaring". [An-Nisaa 103].

Allah ber-Firman:

"Al-Quran itu adalah Petunjuk bagi orang-orang yang ber-Iman". [Al-Fushshilat 44].

Semoga kita termasuk golongan orang yang Taat & Patuh pada semua Aturan-Nya yang termaktub dalam Al-Quran. Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin. [BRH].

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.